Pengertian E-Banking dan M-Banking
E-Banking
Perbankan Elekronik (bahasa Inggris:
E-banking) E-banking yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini
adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan
website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Dari waktu ke waktu, makin
banyak bank yang menyediakan layanan atau jasa internet banking yang diatur
melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang Penerapan
Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum.
Adapun persyaratan bisnis dari internet banking antara lain :
- Aplikasi mudah digunakan
- Layanan dapat dijangkau dari mana saja
- Murah
- Dapat dipercaya
- Dapat diandalkan (reliable).
Bank Indonesia sendiri lebih sering
menggunakan istilah Teknologi Sistem Informasi Perbankan untuk semua terapan
teknologi informasi dan komunikasi dalam layanan perbankan, atau lebih populer
dengan istilah perbankan elektronik (electronic banking).
Di Indonesia, internet banking telah
diperkenalkan pada konsumen perbankan sejak beberapa tahun lalu. Beberapa bank
besar baik BUMN atau swasta Indonesia yang menyediakan layanan tersebut antara
lain BCA, Bank Mandiri, BNI, BII, Lippo Bank, Permata Bank dan sebagainya.
Internet banking telah memberikan keuntungan kepada pihak bank antara lain:
- Business expansion
Dahulu sebuah bank harus memiliki sebuah kantor cabang untuk
beroperasi di tempat tertentu. Kemudian hal ini dipermudah dengan hanya
meletakkan mesin ATM sehingga dia dapat hadir di tempat tersebut. Kemudian ada
phone banking yang mulai menghilangkan batas fisik dimana nasabah dapat
menggunakan telepon untuk melakukan aktivitas perbankannya. Sekarang ada
internet banking yang lebih mempermudah lagi karena menghilangkan batas ruang
dan waktu.
- Customer loyality
Khususnya nasabah yang sering bergerak (mobile), akan merasa lebih
nyaman untuk melakukan aktivitas perbankannya tanpa harus membuka account di
bank yang berbeda-beda di berbagai tempat. Dia dapat menggunakan satu bank
saja.
- Revenue and cost improvement
Biaya untuk memberikan layanan perbankan melalui Internet
Banking dapat lebih murah daripada membuka kantor cabang atau membuat mesin
ATM.
- Competitive advantage
Bank yang memiliki internet banking akan memiliki keuntungan
dibandingkan dengan bank yang tidak memiliki internet banking. Dalam waktu
dekat, orang tidak ingin membuka account di bank yang tidak memiliki fasilitas
Internet Banking.
- New business model
Internet Banking memungkinan adanya bisnis model yang baru. Layanan
perbankan baru dapat diluncurkan melalui web dengan cepat.
jenis teknologinya diantaranya meliputi :
- Anjungan Tunai Mandiri (Automated Teller Machine)
- Sistem Aplikasi Perbankan (Banking Application System)
- Sistem Penyelesaian Bruto Waktu-Nyata (Real-Time Gross Settlement System)
- Perbankan Daring (Internet Banking)
- Sistem
Kliring Elektronik
Penyelenggaraan internet banking merupakan penerapan atau aplikasi teknologi
informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk menjawab keinginan
nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman murah dan
tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses dari mana
saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, PDA, dan sebagainya.
Aplikasi teknologi informasi dalam
internet banking akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan produktifitas
sekaligus meningkatkan pendapatan melalui sistem penjualan yang jauh lebih
efektif daripada bank konvensional. Tanpa adanya aplikasi teknologi informasi
dalam internet banking, maka internet banking tidak akan jalan dan dimanfaatkan
oleh industri perbankan. Secara umum, dalam penyediaan layanan internet
banking, bank memberikan informasi mengenai produk dan jasanya via portal di
internet, memberikan akses kepada para nasabah untuk bertransaksi dan
meng-update data pribadinya.
M-Banking
Mobile Banking adalah layanan bank yang dapat diakses langsung oleh
nasabah melalui telepon seluler atau handphone GSM (Global System For
Communication) dengan menggunakan menu yang sudah tersedia di SIM Card
atau handphone yang saat ini menggunakan media SMS (Short Message
Service).
Keunggulan dan Kelemahan M-Banking
Keunggulan M-Banking adalah dapat di akses oleh semua pengguna handphone
dengan tipe GSM. Dengan luasnya jangkauan signal GSM, layanan M-Banking
tentu sangat memanjakan para nasabah.
Namun Fasilitas M-Banking memiliki beberapa kelemahan diantaranya adalah
akses untuk pengguna handphone CDMA, belum semua operator CDMA
mempunyai layanan M-Banking.
Perinsip Penerapan M-Banking
M-Banking memiliki pengertian yaitu sebuah fasilitas perbankan melalui
komunikasi bergerak seperti handphone. Dengan penyediaan fasilitas yang
hampir sama dengan ATM kecuali mengambil uang cash.Dengan ada nya
M-Banking,pihak perbankan berusaha mempermudah akses para nasabahnya
dalam melakukan transaksi. Dengan adanya layanan M-Banking, nasabah
bank-bank yang telah memiliki layanan ana tentu saja tidak perlu pergi
ke ATM atau kantor Bank tersebut. Hampir semua
bank di Indonesia telah menyediakan fasilitas M-Bankingnya baik berupa
SIMtolkit (Menu Layanan Data) maupun sms plain (sms manual) atau dikenal
dengan istilah sms banking.
Arti
istilah SMS Banking merupakan layanan yang disediakan Bank menggunakan
sarana SMS untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan informasi
keuangan , misalnya cek saldo, mutasi rekening dan sebagainya.
Sumber :
http://lasriaceriana.blogspot.com/2013/01/pengertian-e-banking.html
http://misscihuycomunity.blogspot.com/2009/12/mobile-banking.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar